Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dunia Hewan Invertebrata
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran Langsung (Direct
Instruction)
Sub Materi : Filum Arthropoda
Dosen Pengampu : Bintang Sariyatno, S. Si, M. Pd
Oleh
:
Kelompok : XI (Sebelas)
Nama Anggota :
1. Aminah (ACD 115 006)
2.
Saritani (ACD 115 007)
3. Jovin (ACD 115 046)
4. Muhammad Faisal (ACD 115 072)
Kelas : A
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PALANGKARAYA
2018
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Palangka
Raya
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok :
Dunia Hewan Invertebrata
Sub Materi : Filum Arthropoda
Alokasi Waktu : 2 x 45
menit
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
3.8. Menerapkan
prinsip klasifikasi untuk menggolongkan hewan ke dalam filum berdasarkan
pengamatan anatomi dan morfologi serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Mengidentifikasi ciri- ciri filum arthropoda.
2. Menyebutkan ciri- ciri filum arthropoda.
3. Menjelaskan ciri- ciri filum arthropoda.
4. Mengklasifikasikan filum arthropoda berdasarkan ciri- cirinya.
5. Menjelaskan ciri- ciri pada masing- masing kelas dari filum arthropoda.
6. Menyebutkan contoh- contoh hewan dari filum arthropoda.
7. Menjelaskan peranan filum arthropoda dalam kehidupan sehari-hari.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah mengamati gambar beberapa
jenis hewan filum arthropoda, siswa dapat mengidentifikasi ciri- ciri filum
arthropoda dengan benar.
2.
Setelah mengamati gambar dan
awetan beberapa hewan filum arthropoda, siswa dapat menyebutkan ciri- ciri
filum arthropoda dengan benar.
3.
Setelah mendengarkan penjelasan
guru mengenai ciri- ciri umum filum arthropoda, siswa dapat menjelaskan ciri-
ciri filum arthropoda dengan tepat.
4.
Setelah melakukan kegiatan
diskusi, siswa dapat mengklasifikasikan filum
arthropoda berdasarkan ciri-cirinya.
5.
Setelah melakukan kegiatan
diskusi tentang ciri- ciri masing- masing kelas filum arthropoda, siswa dapat
menjelaskan ciri- ciri pada masing- masing kelas dari filum arthropoda dengan benar.
6.
Setelah mengamati gambar beberapa
contoh hewan filum arthropoda dari berbagai literatur, siswa dapat menyebutkan
contoh- conton hewan dari filum arthropoda berdasarkan kelasnya.
7.
Setelah kegiatan diskusi mengenai
peranan arthropoda, siswa dapat menjelaskan peranan filum arthropoda dalam
kehidupan sehari- hari dengan benar.
E. Materi Ajar
·
Dunia Hewan
1. Materi Fakta
2. Materi Konsep
1.
Phylum Arthropoda
a. Ciri- ciri
b. Habitat
c. Reproduksi
d. Klasifikasi
1. Kelas Arachnoida
2. Kelas Myriapoda
3. Kelas Crustacea
4. Kelas Insecta
*Terlampir
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Pendekatan Saintifik
Metode Pembelajaran : Pengamatan, Kaji pustaka,
Diskusi, Penugasan.
Meodel Pembelajaran : Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)
G. Media, Alat
dan Sumber Belajar
a.
Media pembelajaran
: Power Point dan LKPD (Lembar
Kegiatan Peserta Didik), awetan basah dan awetan kering.
b.
Alat dan Bahan
: Papan Tulis, Spidol, Penghapus,
LCD, Laptop dan obat merah.
c.
Sumber Belajar :
·
Campbell, N. 2002. Biologi Jilid I. Jakarta: Erlangga.
·
Irnaningtyas. 2014. Biologi
untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Gelora Aksara
Pratama.
· Purnomo, dkk. 2009. Biologi Kelas XI untuk SMA dan MA.
Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional.
H. Langkah- langkah kegiatan
· Pembelajaran Pertemuan pertama
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
-
Melakukan kegiatan rutin
(bersiap, berdo’a dan absensi.
-
Menjelaskan tujuan
pembelajaran/ kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa.
· Orientasi
-
Guru menampilkan gambar berupa
slide dan charta yang berisi berbagai macam jenis hewan invertebrata
-
Siswa diminta memperhatikan
gambar yang ditampilkan. Guru bertanya :” Adakah perbedaan diantara berbagai
jenis hewan pada gambar tersebut?”
·
Apersepsi
-
Setelah siswa memperhatikan gambar berbagai jenis hewan
invertebrata, kemudian guru menjelaskan keterkaitan antara keanekaragaman
hewan yang ditampilkan dengan materi yang akan disampaikan. Hewan- hewan yang
ada pada gambar ini memiliki ciri- ciri yang sangat berbeda satu sama lain. “Apa yang membedakan hewan- hewan
tersebut?”. Untuk lebih memahami, pada pertemuan hari ini kita akan belajar
mengenai dunia hewan filum arthropoda.
·
Motivasi
-
Guru menyampaikan beberapa
manfaat mempelajari keanekaragaman hewan dalam materi dunia hewan.
-
Dengan mengetahui betapa banyak
jenis hewan di dunia ini, akan meningkatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang
Maha Esa Selain itu dengan mempelajari materi ini, kalian akan lebih memahami
dan mencintai makhluk hidup lain yang ada di sekitar kita dengan cara
melestarikannya dan tidak mengeksploitasinya secara tidak bertanggung jawab.
·
Pemberian Acuan
-
Guru secara singkat menjelaskan
materi yang akan disampaikan.
-
Guru membagi siswa ke dalam
beberapa
kelompok yang anggotanya berjumlah 4 - 5 orang.
-
Setiap kelompok diberikan beberapa awetan kering dan awetan basah hewan
filum arthropoda untuk diamati.
|
15 Menit
|
Inti
|
·
Mengamati
-
Siswa diminta mengamati
berbagai jenis hewan yang ada pada gambar.
-
Setiap kelompok mengamati berbagai jenis
hewan yang diberikan oleh guru.
-
Setiap kelompok menganalisis
perbedaan pada setiap jenis hewan yang ditampilkan pada gambar dan pada awetan.
· Mencoba
-
Setiap kelompok mendiskusikan
hasil analisis hewan invertebrata dan kemudian mencatatnya.
-
Setiap kelompok mencoba
mengklasifikasikan berbagai jenis hewan invertebrata berdasarkan kesamaan
ciri- ciri morfologi yang diamati
·
Menanya
Setiap siswa dimotivasi untuk bertanya : “Apa ciri umum filum arthropoda berdasarkan gambar yang kalian
amati ?”. Adakah perbedaan diantara beberapa hewan tersebut ? dan
adakah kesamaan ciri-ciri diantara hewan- hewan tersebut ?, Apa dasar
klasifikasi yang kalian lakukan?.
|
65 Menit
|
|
· Mengumpulkan data
-Setiap
anggota dari masing- masing kelompok mencari literatur mengenai gambar dan
ciri- ciri filum arthropoda.
-Setiap
kelompok mencari literatur dalam menentukan klasifikasi hewan tersebut.
-Setiap
kelompok mencari literatur bagaimana peranan filum arthropoda dalam kehidupan.
· Mengasosiasikan
-
Setiap kelompok mendiskusikan
tentang ciri- ciri filum arthropoda berdasarkan literatur dan pengamatan gambar.
-
Setiap kelompok mengklasifikasikan berbagai hewan
arthropoda berdasarkan ciri- ciri morfologi
dan anatomi.
-
Setiap kelompok
mengklasifikasikan peranan filum arthropoda dalam kehidupan.
· Mengkomunikasikan
-
Setiap kelompok diminta
menjelaskan hasil diskusi kelompok dan kelompok lain diminta menanggapi hasil
diskusi kelompok tersebut.
|
|
Penutup
|
-
Guru menuntun siswa
bersama-sama untuk menyimpulkan materi yang telah dijelaskan.
-
Guru melakukan umpan balik/
refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.
-
Guru menutup pelajaran dan
menugaskan siswa untuk menbuat artikel mengenai berbagai jenis hewan langka
yang ada di Indonesia.
-
Kegiatan belajar mengajar ditutup dengan doa
dan ucapan salam.
|
10 menit
|
I. Penilaian
· Teknik :
-
Tes Tertulis
-
Tugas individu mencari artikel
berbagai jenis hewan langka di Indonesia
-
Diskusi kelompok
-
Sikap
· Bentuk instrumen:
-
Tes tertulis (Essay)
-
Laporan (artikel)
-
Diskusi kelompok (Laporan kelompok)
-
Sikap (Lembar penilaian sikap)
·
Contoh
Instrumen:
No.
|
Soal
Uraian
|
1.
|
Sebutkan 3 ciri-ciri umum dari filum Arthropoda
!
|
2.
|
Sebutkan 3ciri-ciri umum dari kelas Arachnoide !
|
3.
|
Sebutkan 3 contoh hewan kelas Myriapoda
|
4.
|
Sebutkan 3ciri-ciri umum dari kelas Crustacea !
|
5.
|
Sebutkan masing-masing 3contoh peranan
menguntungkan dari filum
Arthropoda bagi kehidupan
manusia !
|
· Panduan Penilaian Kognitif
No
|
Jawaban Soal Uji Kompetensi Tertulis
|
Skor
|
1.
|
·
Tubuh yang terdiri dari kaput, toraks, dan abdomen
·
Hidup bebas, parasit dan komensal.
·
Reproduksi secara aseksual dengan
parthenogenesis, secara seksual dengan pembentukkan gamet.
|
20
|
2.
|
·
Tubuh tediri dari dua bagian, yaitu sefalotoraks
dan abdomen.
·
Pada bagian sefalotoraks
terdapat enam pasang anggota tubuh yaitu sepasang keliseria (alat sengat), sepasang pedipalpus(capit).
·
Memiliki empat pasang kaki.
|
20
|
3.
|
·
Keluwing
·
Lipan
·
Kaki seribu
|
20
|
4.
|
·
Tubuh mempunyai rangka luar keras (cangkang).
·
Respirasinya menggunakan insang
·
Sistem pencernaannya dimulai dari mulut,
kerongkongan, lambung, usus dan anus.
|
20
|
5.
|
Keuntungan filum arthropoda bagi kehidupan
·
Sumber makanan
·
Penghasil madu
·
Bahan industri kain sutera
|
20
|
·
Pedoman
Penilaian
Untuk penilaian soal uraian, setiap soal mendapatkan skor 20, skor: 20 x 5
= 100
Skor Perolehan
Nilai =
-------------------- x 100
Skor Ideal
· Pedoman Penilaian Laporan (artikel)
Ø
Aspek
Penilaian
No
|
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
1.
|
Ketepatan Waktu
|
30
|
2.
|
Kelengkapan Isi
|
25
|
3.
|
Kerapihan
|
25
|
4.
|
Kreativitas
|
20
|
Skor Perolehan
Nilai =
-------------------- x 100
Skor Ideal
Ø Instrumen Observasi Afektif
Materi : Dunia Hewan Invertebrata
Kelas/Semester : X/2
Hari/Tanggal :
No.
|
Nama
|
Disiplin
|
Teliti
|
Kejujuran
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
*) Ketentuan:
·
1 = Jika peserta didik belum
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator.
·
2 = Jika peserta didik mulai
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam
indikator, tetapi belum konsisten.
·
3 = Jika peserta didik mulai
konsisten memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator.
·
4 = Jika peserta didik terus menerus/konsisten
memperlihatkan perilaku yang tertera
dalam indikator.
Ø Penilaian :
Nilai
afektif:
|
|
||
BT (Belum Terlihat)
|
< 25
|
=
|
D
|
MT (Mulai Terlihat)
|
26 - 50
|
=
|
C
|
MB (Mulai Berkembang)
|
51 – 75
|
=
|
B
|
MK (Menjadi Kebiasaan )
|
76 – 100
|
=
|
A
|
· Lembar Observasi Unjuk Kerja (Psikomotor)
No.
|
Komponen Kerja
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Membawa mikroskop dengan benar.
|
|
|
2.
|
Meletakkan mikroskop dengan benar.
|
|
|
3.
|
Menaruh preparat pada meja benda dan
Menguncinya.
|
|
|
4.
|
Menjaga kebersihan mikroskop dan tempat
melakukan pengamatan.
|
|
|
5.
|
Menaruh kembali mikroskop dalam posisi
Tegak.
|
|
|
|
Skor Total
|
|
|
|
Kriteria
|
|
|
Ø Keterangan: Ya
= 1
Tidak = 0
Lulus jika skor total ≥ 5
Palangka
Raya, April 2018
Mengetahui
Dosen Pembimbing
Mahasiswa Praktikan
NIP.
__________________ NIM. ________________
Comments
Post a Comment