Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dunia Hewan Invertebrata



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)

Sub Materi : Filum Arthropoda

                                Dosen Pengampu : Bintang Sariyatno, S. Si, M. Pd


Oleh :

Kelompok                  : XI (Sebelas)
Nama Anggota          :  1. Aminah                            (ACD 115 006)
                                                                2. Saritani                            (ACD 115 007)
3. Jovin                                (ACD 115 046)
4. Muhammad Faisal        (ACD 115 072)
Kelas                           :  A
                                                                       


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PALANGKARAYA
2018
 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan Pendidikan  : SMAN 1 Palangka Raya

Mata Pelajaran        : Biologi

Kelas/Semester       : X/2

Materi Pokok          : Dunia Hewan Invertebrata
Sub Materi              : Filum Arthropoda
Alokasi Waktu        : 2 x 45 menit


A.  Kompetensi Inti


  KI   1  :   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI  2  :  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4  :  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



B.  Kompetensi Dasar


3.8. Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan hewan ke dalam filum berdasarkan pengamatan anatomi dan morfologi serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan.

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi


1.   Mengidentifikasi ciri- ciri filum arthropoda.
2.   Menyebutkan ciri- ciri filum arthropoda.
3.   Menjelaskan ciri- ciri filum arthropoda.
4.   Mengklasifikasikan filum arthropoda berdasarkan ciri- cirinya.
5.   Menjelaskan ciri- ciri pada masing- masing kelas dari filum arthropoda.
6.   Menyebutkan contoh- contoh hewan dari filum arthropoda.
7.   Menjelaskan peranan filum arthropoda dalam kehidupan sehari-hari.

D.  Tujuan Pembelajaran


1.      Setelah mengamati gambar beberapa jenis hewan filum arthropoda, siswa dapat mengidentifikasi ciri- ciri filum arthropoda dengan benar.
2.      Setelah mengamati gambar dan awetan beberapa hewan filum arthropoda, siswa dapat menyebutkan ciri- ciri filum arthropoda dengan benar.
3.      Setelah mendengarkan penjelasan guru mengenai ciri- ciri umum filum arthropoda, siswa dapat menjelaskan ciri- ciri filum arthropoda dengan tepat.
4.      Setelah melakukan kegiatan diskusi, siswa dapat mengklasifikasikan filum arthropoda berdasarkan ciri-cirinya.
5.      Setelah melakukan kegiatan diskusi tentang ciri- ciri masing- masing kelas filum arthropoda, siswa dapat menjelaskan ciri- ciri pada masing- masing kelas dari filum arthropoda dengan benar.
6.      Setelah mengamati gambar beberapa contoh hewan filum arthropoda dari berbagai literatur, siswa dapat menyebutkan contoh- conton hewan dari filum arthropoda berdasarkan kelasnya.
7.      Setelah kegiatan diskusi mengenai peranan arthropoda, siswa dapat menjelaskan peranan filum arthropoda dalam kehidupan sehari- hari dengan benar.

E.   Materi Ajar

·         Dunia Hewan
1.      Materi Fakta
2.      Materi Konsep
1.          Phylum Arthropoda

a.          Ciri- ciri

b.          Habitat

c.           Reproduksi

d.         Klasifikasi

1.    Kelas Arachnoida

2.    Kelas Myriapoda

3.    Kelas Crustacea

4.    Kelas Insecta

*Terlampir

 

F.   Metode Pembelajaran
Pendekatan                                : Pendekatan Saintifik
Metode Pembelajaran                : Pengamatan, Kaji pustaka, Diskusi, Penugasan.
Meodel  Pembelajaran                : Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)

G. Media, Alat dan Sumber Belajar
a.    Media pembelajaran  :  Power Point dan LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik), awetan basah dan awetan kering.
b.    Alat dan Bahan          :  Papan Tulis, Spidol, Penghapus, LCD, Laptop dan obat merah.
c.    Sumber Belajar  :
·         Campbell, N. 2002. Biologi Jilid I. Jakarta: Erlangga.
·        Irnaningtyas. 2014.  Biologi untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Gelora Aksara
Pratama.
·      Purnomo, dkk. 2009.  Biologi Kelas XI untuk SMA dan MA. Jakarta: Pusat    Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.


H. Langkah- langkah kegiatan            

    

·         Pembelajaran Pertemuan pertama

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
waktu

Pendahuluan
-          Melakukan kegiatan rutin (bersiap, berdo’a dan absensi.
-          Menjelaskan tujuan pembelajaran/ kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa.

·      Orientasi
-        Guru menampilkan gambar berupa slide dan charta yang berisi berbagai macam jenis hewan invertebrata
-        Siswa diminta memperhatikan gambar yang ditampilkan. Guru bertanya :” Adakah perbedaan diantara berbagai jenis hewan pada gambar tersebut?”

·      Apersepsi
-          Setelah siswa memperhatikan gambar berbagai jenis hewan invertebrata, kemudian guru menjelaskan keterkaitan antara keanekaragaman hewan yang ditampilkan dengan materi yang akan disampaikan. Hewan- hewan yang ada pada gambar ini memiliki ciri- ciri yang sangat berbeda satu sama lain. “Apa yang membedakan hewan- hewan tersebut?”. Untuk lebih memahami, pada pertemuan hari ini kita akan belajar mengenai dunia hewan filum arthropoda.

·      Motivasi
-          Guru menyampaikan beberapa manfaat mempelajari keanekaragaman hewan dalam materi dunia hewan.
-          Dengan mengetahui betapa banyak jenis hewan di dunia ini, akan meningkatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa Selain itu dengan mempelajari materi ini, kalian akan lebih memahami dan mencintai makhluk hidup lain yang ada di sekitar kita dengan cara melestarikannya dan tidak mengeksploitasinya secara tidak bertanggung jawab.

·      Pemberian Acuan
-          Guru secara singkat menjelaskan materi yang akan disampaikan.
-          Guru membagi siswa ke dalam beberapa
kelompok yang anggotanya berjumlah 4 - 5 orang.
-          Setiap  kelompok diberikan beberapa awetan kering dan awetan basah hewan filum arthropoda untuk diamati.



15 Menit



Inti
·      Mengamati
-          Siswa diminta mengamati berbagai jenis hewan yang ada pada gambar.
-          Setiap  kelompok mengamati berbagai jenis hewan yang diberikan oleh guru.
-          Setiap kelompok menganalisis perbedaan pada setiap jenis hewan yang ditampilkan pada gambar dan pada awetan.
·      Mencoba
-          Setiap kelompok mendiskusikan hasil analisis hewan invertebrata dan kemudian mencatatnya.
-          Setiap  kelompok        mencoba mengklasifikasikan berbagai jenis hewan invertebrata berdasarkan kesamaan ciri- ciri morfologi yang diamati
·      Menanya
Setiap siswa dimotivasi untuk bertanya :  “Apa         ciri       umum  filum  arthropoda berdasarkan gambar yang kalian amati ?”. Adakah perbedaan diantara    beberapa hewan tersebut ? dan  adakah kesamaan ciri-ciri diantara hewan- hewan tersebut ?, Apa dasar klasifikasi yang kalian lakukan?.

65 Menit





·      Mengumpulkan data
-Setiap anggota dari masing- masing kelompok mencari literatur mengenai gambar dan ciri- ciri filum arthropoda.
-Setiap kelompok mencari literatur dalam menentukan klasifikasi hewan tersebut.
-Setiap kelompok mencari literatur bagaimana peranan filum arthropoda dalam kehidupan.

·      Mengasosiasikan
-          Setiap kelompok mendiskusikan tentang ciri- ciri filum arthropoda berdasarkan literatur dan pengamatan gambar.
-          Setiap kelompok  mengklasifikasikan berbagai hewan arthropoda berdasarkan ciri- ciri morfologi dan anatomi.
-          Setiap kelompok mengklasifikasikan peranan filum arthropoda dalam kehidupan.

·      Mengkomunikasikan
-          Setiap kelompok diminta menjelaskan hasil diskusi kelompok dan kelompok lain diminta menanggapi hasil diskusi kelompok tersebut.

Penutup
-          Guru menuntun siswa bersama-sama untuk menyimpulkan materi yang telah dijelaskan.
-          Guru melakukan umpan balik/ refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.
-          Guru menutup pelajaran dan menugaskan siswa untuk menbuat artikel mengenai berbagai jenis hewan langka yang ada di Indonesia.
-           Kegiatan belajar mengajar ditutup dengan doa dan ucapan salam.

10 menit


I.       Penilaian

·      Teknik :
-        Tes Tertulis
-        Tugas individu mencari artikel berbagai jenis hewan langka di Indonesia
-        Diskusi kelompok
-        Sikap

·      Bentuk instrumen:
-        Tes tertulis (Essay)
-        Laporan (artikel)
-        Diskusi kelompok (Laporan kelompok)
-        Sikap (Lembar penilaian sikap)


·      Contoh Instrumen:

No.
Soal Uraian
1.
Sebutkan 3 ciri-ciri umum dari filum Arthropoda !
2.
Sebutkan 3ciri-ciri umum dari kelas Arachnoide !
3.
Sebutkan 3 contoh hewan kelas Myriapoda
4.
Sebutkan 3ciri-ciri umum dari kelas Crustacea !
5.
Sebutkan masing-masing 3contoh peranan menguntungkan dari filum
Arthropoda bagi kehidupan manusia !

·         Panduan Penilaian Kognitif


No
Jawaban Soal Uji Kompetensi Tertulis
Skor


1.
·         Tubuh yang terdiri dari kaput, toraks, dan abdomen
·         Hidup bebas, parasit dan komensal.
·         Reproduksi secara aseksual dengan parthenogenesis, secara seksual dengan pembentukkan gamet.


20



2.
·         Tubuh tediri dari dua bagian, yaitu sefalotoraks dan abdomen.
·         Pada bagian sefalotoraks terdapat enam pasang anggota tubuh yaitu sepasang keliseria (alat sengat), sepasang pedipalpus(capit).
·         Memiliki empat pasang kaki.



20

3.
·           Keluwing
·           Lipan
·           Kaki seribu

20


4.
·         Tubuh mempunyai rangka luar keras (cangkang).
·         Respirasinya menggunakan insang
·         Sistem pencernaannya dimulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus dan anus.


20


5.
Keuntungan filum arthropoda bagi kehidupan
·         Sumber makanan
·         Penghasil madu
·         Bahan industri kain sutera


20

·         Pedoman Penilaian
Untuk penilaian soal uraian, setiap soal mendapatkan skor 20, skor: 20 x 5 = 100

                          Skor Perolehan
Nilai = -------------------- x 100
     Skor Ideal


·         Pedoman Penilaian Laporan (artikel)

Ø  Aspek Penilaian

No
Kriteria Penilaian
Skor
1.
Ketepatan Waktu
30
2.
Kelengkapan Isi
25
3.
Kerapihan
25
4.
Kreativitas
20
                         
                          Skor Perolehan
Nilai = -------------------- x 100
     Skor Ideal

Ø  Instrumen Observasi Afektif


Materi                          : Dunia Hewan Invertebrata

Kelas/Semester            : X/2

Hari/Tanggal               :


No.
Nama
Disiplin
Teliti
Kejujuran
Jumlah Skor
Nilai
1.






2.






3.






4.






5.






6.






7.






Dst







*) Ketentuan:

                   
·           1 = Jika peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator.
·          2 = Jika peserta didik mulai memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten.
·          3 = Jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator.
·           4 = Jika peserta didik terus menerus/konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator.

Ø Penilaian :



Nilai afektif:

BT (Belum Terlihat)
< 25
=
D
MT (Mulai Terlihat)
26 - 50
=
C
MB (Mulai Berkembang)
51 – 75
=
B
MK (Menjadi Kebiasaan )
76 – 100
=
A

 

 

·         Lembar Observasi Unjuk Kerja (Psikomotor)


No.
Komponen Kerja
Ya
Tidak
  1.
Membawa mikroskop dengan benar.


2.
Meletakkan mikroskop dengan benar.


3.
Menaruh preparat pada meja benda dan
Menguncinya.


4.
Menjaga kebersihan mikroskop dan tempat
melakukan pengamatan.


5.
Menaruh kembali mikroskop dalam posisi
Tegak.



Skor Total



Kriteria



Ø Keterangan: Ya      = 1
                     Tidak = 0
         Lulus jika skor total ≥ 5

                                                                                    Palangka Raya,      April 2018

                      Mengetahui                                                  
                Dosen Pembimbing                                                     Mahasiswa Praktikan

                                               
      NIP. __________________                                                  NIM. ________________




Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Prinsip Keprasahajaan Hidup dalam Pramuka

Komponen Kimiawi Sel Retikulum Endoplasma

LAPORAN LENGKAP PRAKTIKUM FISIOLOGI TUMBUHAN PENYERAPAN AIR OLEH BIJI YANG BERKECAMBAH