MAKALAH PENILAIAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PENILAIAN TERTULIS


MAKALAH
PENILAIAN HASIL BELAJAR BIOLOGI


PENILAIAN TERTULIS







Di Susun Oleh :

Kelompok               : III (Tiga)
Nama Kelompok     :
1.      Novera                                   ACD 115 015
2.      Rohmatul Khawasitin            ACD 115 016
3.      Muhammad Faisal                 ACD 115 072
4.      Chi chi cahyati                       ACD 115 089
5.      Rahel yulia sinaga                  ACD 115 024
6.      Rezza Monica                        ACD 115 051
Kelas                       : A
Dosen Pengampu    : Prof. Dr. Supramono, M.Pd


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
2018

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyusun makalah yang berjudul “ Penilaian Tertulis” tepat pada waktunya.
Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Penilaian Hasil Belajar Biologi dengan dosen pengampu mata kuliah yaitu bapak Prof. Dr. Supramono, M.Pd. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada semua  pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.
Penulis berharap setelah menyusun makalah ini pengetahuan serta  pemahaman baik penulis maupun pembaca akan lebih berkembang. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Penulis mengharapkan kritik dan saran untuk membangun guna perbaikan dan penyempurnaan makalah selanjutnya. Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat dan memenuhi harapan  pembaca.



Palangka Raya, 09 April 2018

Penulis
 

DAFTAR ISI
KATA PENGANTA------------------------------------------------------------------------------------- i
DAFTAR ISI------------------------------------------------------------------------------------------------ ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang-------------------------------------------------------------------------------------- 1
1.2. Rumusan Masalah----------------------------------------------------------------------------------- 2
1.3. Tujuan------------------------------------------------------------------------------------------------- 2
1.4. Manfaat----------------------------------------------------------------------------------------------- 2
BAB II PEMBAHASAN
2.1  Pengertian Penilaian Tertulis---------------------------------------------------------------------- 3
2.2  Dasar-Dasar Penilaian Tertulis-------------------------------------------------------------------- 3
2.3  Fungsi Penilaian Tertulis--------------------------------------------------------------------------- 4
2.4  Macam Atau Bentuk-Bentuk Dari Penilaian Tertulis---------------------------------------- 6
BAB III PENUTUP
3.1  Kesimpulan-------------------------------------------------------------------------------------------- 20
3.2  Saran---------------------------------------------------------------------------------------------------- 20
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Proses terakhir dalam kegiatan organisasi adalah penilaian atau evaluasi. evaluasi adalah kegiatan penilaian dan pengukuran yang berupa kegiatan mengumpulkan dan mengolah informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternatif yang tepat dalam mengambil suatu keputusan untuk langkah berikutnya.
Proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mempunyai tujuan, tujuan tersebut dinyatakan dalam rumusan kemampuan atau perilaku yang diharapkan dimiliki siswa setelah menyelesaikan kegiatan belajar. Untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan pengajaran serta kualitas proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan, perlu dilakukan suatu usaha penilaian atau evaluasi terhadap hasil belajar siswa. Kegunaan evaluasi dalam proses pendidikan adalah untuk mengetahui seberapa jauh siswa telah menguasai tujuan pelajaran yang telah ditetapkan, juga dapat mengetahui bagian-bagian mana dari program pengajaran yang masih lemah dan perlu diperbaiki. Salah satu cara yang digunakan dalam evaluasi diantaranya dengan menggunakan teknik pengumpulan data tes, melalui tes kita dapat mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menerima pelajaran yang telah diberikan.
Tahapan pelaksanaan evaluasi proses pembelajaran adalah penentuan tujuan, menentukan desain evaluasi, pengembangan instrumen evaluasi, pengumpulan informasi/data, analisis dan interpretasi dan tindak lanjut. Instrumen evaluasi hasil belajar untuk memperoleh informasi deskriptif dan/atau informasi judgemantal dapat berwujud tes maupun non-test. Tes dapat berbentuk obyektif atau uraian; sedang non-tes dapat berbentuk lembar pengamatan atau kuesioner. Tes obyektif dapat berbentuk jawaban singkat, benarsalah, menjodohkan dan pilihan ganda dengan berbagai variasi : biasa, hubungan antar hal, kompleks, analisis kasus, grafik dan gambar tabel. Untuk tes uraia yang juga disebut dengan tes subyektif dapat berbentuk tes uraian bebas, bebas terbatas, dan terstruktur. Selanjutnya untuk penyusunan instrumen tes atau nontes, seorang guru harus mengacu pada pedoman penyusunan masing-masing jenis dan bentuk tes atau non tes agar instrumen yang disusun memenuhi syarat instrumen. yang baik, minimal syarat pokok instrumen yang baik, yaitu valid (sah) dan reliable (dapat dipercaya).
Seorang guru yang baik perlu memiliki keterampilan untuk mengembangkan berbagai bentuk instrumen guna mengukur ketercapaian kopetensi siswa dalam makalah ini kami akan memfokuskan pembahasan tentang “Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Tulis” sehingga kita bisa mengetahui dan membedakan berbagai instrumen penilaian tes tulis.
1.2    Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas maka dapat ditarik beberapa rumusan masalah, yaitu :
1.             Apa pengertian penilaian tertulis?
2.             Apa dasar-dasar penilaian tertulis?
3.             Apa fungsi penilaian tertulis?
4.             Apa macam atau bentuk-bentuk dari penilaian tertulis?

1.3    Tujuan
Tujuan dari penulisan ini adalah :
1.             Mengetauhi pengertian penilaian tertulis
2.             Mengetahui dasar-dasar penilaian tertulis.
3.             Mengetauhi fungsi penilaian tertulis.
4.             Mengetauhi macam atau bentuk-bentuk dari penilaian tertulis.

1.4    Manfaat
Manfaat pembahasan makalah ini adalah agar kita dapat mengetahui bagaimana pengembangan dan penilaian dari tes tulis itu, sehingga kita dapat mengetahui  berbagai aspek atau kelengkapan dalam pembuatan soal dan cara penilaian dalam tes tulis. Dan diharapkan makala ini dapat membantu dalam pembuatan soal tes tulis dan bagaimana cara menentukan penilaiannya untuk kita sebagai calon pendidik. Dalam makala ini juga membahas tentang masing-masing kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam tes tulis. Semoga malakah ini bisa bermanfaat.




BAB II
KAJIAN TEORI
2.1     Pengertian Penilaian Tertulis
 Menurut Griffin & Nix (1999), Penilaian merupakan suatu pernyataan berdasarkan sejumlah fakta untuk menjelaskan karakteristik seseorang atau sesuatu. Menurut Suharsimi Arikunto penilaian adalah mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk. Penilaian bersifat kualitatif. Penilaian adalah kegiatan untuk mengetahui apakah sesuatu yang telah kita kerjakan (program pengajaran) telah berhasil atau belum melalui suatu alat pengukuran yang dapat berupa tes ataupun nontes.
Penilaian tertulis (paper and pencil assessment) merupakan penilaian dimana soal dan jawaban yang diberikan kepada peserta didik dalam bentuk tulisan. (Nurlaili, Pdf).Tes Tertulis merupakan tes dimana soal dan jawaban yang diberikan kepada peserta didik dalam bentuk tulisan. Dalam menjawab soal peserta didik tidak selalu merespon dalam bentuk menulis jawaban tetapi dapat juga dalam bentuk yang lain seperti memberi tanda, mewarnai, menggambar dan lain sebagainya. (Handa Out MGMP, 2006).
Penilaian tertulis adalah penilaian yang dilakukan seorang tenaga didik untuk mengetahui bagaimana respon atau jawaban siswa dalam bahasa tulisannya sendiri, jadi anak dituntut untuk menuliskan argumennya secara tertulis.
2.2    Dasar-dasar Penyusunan Penilaian Tertulis
Dasar-dasar penyusunan penilaian tertulis yaitu :
1.    Dapat mengukur apa yang dipelajari dalam proses belajarmengajar sesuai dengan tujuan.
2.    Mewakili bahan yang telah dipelajari.
3.    Disesuaikan dengan aspek-aspek tingkat belajar yang diharapkan.
4.    Disusun sesuai dengan tujuan penggunaan tes itu sendiri.
5.    Hendaknya dapat digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar.
6.    Mempertimbangkan proporsi tingkat kesulitan dan kesesuaiannya dengan taraf kemampuan siswa.
7.    Soal  harus jelas  dan  sesuai  dengan  persoalan  yang disajikan.
8.    Disusun  dengan  mempertimbangkan  kaidah-kaidah  penulisan  soal .
9.    Menggunakan bahasa yang benar
10.Cara Penskoran : Skor diberikan kepada peserta didik tergantung dari ketepatan dan kelengkapan jawaban   yang diberikan. Semakin lengkap dan tepat jawaban, semakin tinggi perolehan skor.

2.3    Fungsi Dari Penilaian Tertulis
1.    Tes formatif di kelas (classroom formatif assessment)
Tes Formatif adalah tes hasil belajar untuk mengetahui keberhasilan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru, guna memperoleh umpan balik dari upaya pengajaran yang dilakukan oleh guru. Tujuan : sebagai dasar untuk memperbaiki produktifitas belajar mengajar.  Contohnya : tes yang dilakukan setelah pembahasan tiap bab atau KD (kompetensi dasar). Tes formatif adalaah tes yang diberikan kepada murid-murid pada setiap akhir program satuan pelajaran. Fungsinya yaitu untuk mengetahui sampai dimana pencapaian hasil belajar murid dalam penguasaan bahan atau materi pelajaran yang telah diberikan sesuai dengan tujuan instruksional khusus yang telah dirumuskan di dalam satuan pelajaran.
Dalam penilaian formatif ini, jika tujuan-tujuan instruksional khusus telah dirumuskan dengan tepat, distribusi tingkat kesukaran soal-soal (item tes) dan daya pembeda masing-masing soal tidak begitu penting. Yang penting adalah bahwa setiap soal betul-betul mengukur tujuan instruksional yang hendak dicapai yang telah dirumuskan di dalam progam satuan pelajaran. Standar yang digunakan dalam mengolah hasil tersebut adalah standar mutlak. Dengan menggunakan standar mutlak dimaksudkan bahwa tes ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tujuan-tujuan instruksional khusus telah dicapai oleh siswa, dan bukan untuk mengetahui status setiap siswa dibandingkan dengan siswa-siswa lainnya dalam kelas yang sama. Ada dua jenis pengolahan yang diperlukan di dalam penilaian formatif ini, yaitu :
a.       Pengolahan untuk mendapatkan angka presentase siswa yang gagal dalam setiap soal, misalnya :
Soal Nomor
% siswa yang gagal
1
30 %
2
85 %
3
60 %
dan sebagainya
dan seterusnya

        Untuk soal bentuk uraian, pengertian “siswa yang gagal” di atas dapat pula diartikan sebagai siswa yang jawabannya terhadap suatu soal dipandang kurang memuaskan.
b.      Pengolahan untuk mendapatkan hasil yang dicapai setipa siswa dalam tes secara keseluruhan ditinjau dari presentase jawaban yang memuaskan, misalnya :
Nama Siswa
Hasil yang dicapai
( % jawaban yang memuaskan)
Iswa
90 %
Jamilah
60 %
Nurwiyatsih
75 %
dan seterusnya
dan seterusnya
Sebagai contoh. Bila skor maksimum yang harus dicapai dalam suatu tes adalah 60, angka yang dicapai Iswa dalam tes tersebut adalah : Dengan kata lain, cara menilai tes formatif dilakukan dengan percentages correction (hasil yang dicapai setiap siswa  dihitung dari persentase jawaban yang benar).
Keterangan :          
S = nilai yang diharapkan
R = jumlah skor dari item atau soal yang dijawab benar
N = skor maksimum dari tes tersebut

Tes formatif mempunyai karakteristik sebagai berikut :
a.       Dilakukan pada saat berlangsungnya proses belajar mengajar.
b.      Dilakukan secara periodik.
c.       Mencakup semua mata pelajaran yang telah di ajarkan.
d.      Bertujuan untuk mengetahui keberhasilan dan kegagalan proses belajar mengajar.
e.       Dapat di gunakan untuk memperbaiki dan menyempurnakan proses belajar mengajar.


2.    Tes Sumatif
Tes Sumatif adalah tes hasil belajar untuk mengetahui keberhasilan belajar murid setelah mengikuti program pengajaran tertentu. Tujuan: menentukan hasil yang dicapai peserta didik dalam program tertentu dalam wujud status keberhasilan peserta didik pada setiap akhir program pendidikan dan pengajaran, mengukur keberhasilan belajar peserta didik secara menyeluruh. Contohnya: Tes catur wulan,Tes akhir semester, EBTA.
Materi  yang  diujikan  meliputi  seluruh  pokok  bahasan  dan  tujuan pengajaran dalam satu program tahunan atau semester.Dilakukan pada akhir program dalam satu tahun atau semester. Hasil  penilaian  sumatif  digunakan  antara  lain  untuk  penentuan kenaikan kelas, kelulusan sekolah dan sebagainya.
Tes sumatif biasanya diadakan tiap caturwulan sekali atau setiap semester (yang baik adalah setip jangka waktu tertentu bila suatu unit atau bagian bahan pelajaran telah selesai diajarkan melalui satuan-satuan pelajaran). Fungsi tes sumatif ialah untuk menilai prestasi siswa, sampai dimana penguasaan siswa terhadap bahan pelajaran yang telah diajarkan selam jangka waktu tertentu. Kegunaannya yaitu untuk mengisi rapor, penentuan kenaikan kelas, dan penentuan lulus tidaknya siswa pada ujian akhir sekolah. Oleh karena itu pada umumnya jumlah item atau soal-soal tes sumatif lebih banyak daripada item tes formatif, dan bentuk soalnya pun dapat terdiri atas campuran beberapa bentuk item tes (seperti true-false, multiple, choice, completion, matching, dan essay).
Cara pengolahan hasil tes sumatif yaitu yang relatif yang digunakan yaitu nilai-nilai standar seperti nilai berskala 1-10, nilai Z (skor standar Z), atau persentile. Skor mentah yang diperoleh seorang siswa dari suatu tes sumatif yang terdiri atas beberapa macam bentuk tes merupakan jumlah skor dari tiap-tiap bentuk tes tersebut yang telah dihitung menurut rumus masing-masing. Skor mentah inilah yang kemudian ditransformasikan kedalam nilai skala 1-10 dengan menyusun tabel distribusi frekuensi.
Tes sumatif mempunyai karakteristik sebagai berikut:
a)        Materi yang di ujikan meliputi seluruh pokok bahasan dan tujuan pengajaran.
b)        Dalam satu program tahunan atau semester dilakukan pada akhir program dalam satu tahun atau semester.
c)        Bertujuan untuk mengukur kebaerhasilan belajar peserta didik secara menyeluruh.
d)       Hasil penilaian sumatuf di gunakan antara lain untuk menentukan kenaikan kelas, kelulusan sekolah dan lain-lain.


2.4  Bentuk-bentuk Dari Penilaian Tertulis
1.    Tes Objektif
Tes ini dikenal dengan istilah tes jawaban pendek, tes “ya-tidak” dan tes model baru, adalah salah satu jenis tes hasil belajar yang terdiri dari butir-butir soal yang dapat dijawab testee dengan jalan memilih salah satu diantara beberapa kemungkinan jawaban yang telah dipasangkan pada masing-masing item atau dengan cara menuliskan jawabannya berupa kata-kata atau simbol-simbol tertentu pada tempat yang telah disediakan untuk masing-masing butir item yang bersangkutan.Suatu tes yang soal-soalnya terdiri dari atas butir-butir soal bentuk objektif. Tes Objektif berbeda dengan tes uraian, tugas-tugas dan persoalan-pesoalan dalam tes objektif sudah terstruktur, sehingga jawaban terhadap soal-soal tersebut sudah dapat ditentukan secara pasti.
a)      Keunggulan Tes Objektif
·         Waktu yang dibutuhkan relative lebih singkat.
·         Panjang pendeknya suatu tes (banyak sedikitnya butir soal) bisa berpengaruh terhadap kadar reliabilitas.
·         Proses pensekoran dapat dilakukan secara mudah karena kunci jawaban dapat dibuat secara pasti.
·         Proses penilaian dapat dilakukan secara objektif karena kunci jawaban sudah dapat ditentukan secara pasti.
b)      Kelemahan Tes Objektif
·         Terdapat kemungkinan untuk dapat menebak jawaban dengan tepat. Tidak dapat mengetahui jalan pikiran testi dalam menjawab suatu pesoalan.
·         Membatasi kreativitas siswa dalam menyusun jawaban sendiri.
·         Bahan ajar yang diungkap dengan tes objektif, pada umumnya lebih terbatas pada hal-hal yang factual.
Tes Objektif dibagi lagi menjadi 4 yaitu tes pilihan ganda , tes benar-salah, tes menjodohkan/mencocokkan, tes uraian singkat (melengkapi).
a)      Pilihan Ganda (Multiple Choice Test)
Multiple choice test terdiri atas suatu keterangan atau pemberitahuan tentang suatupengertian yang belum lengkap. Tes pilihan ganda dapat digunakan untuk menilai kemampuan mengingat dan memahami. Tiap soal pilihan ganda terdiri dari dua bagian,yaitu pertanyaaan yanga biasa juga disebut stem, dan alternative jawaban disebut juga option. Stem mungkin dalam bentuk pernyataan atau dapat juga berupa pertanyaan. Bila berbentuk pernyataan,mungkin merupakan pernyataan yang lengkap atau pernyataan yang tidak lengkap. Mungkin pula berisi pernyataan dan pertanyaan.Option terdiri dari beberapa pilihan,dan salah satu dari alternative pilihan itu adalah jawaban yang benar terhadap pertanyaan. Option yang merupakan jawaban yang benar dinamakan Kunci Jawaban. Alternatif jawaban yang bukan kunci jawaban dinamakan pengecoh atau distractor. Tes Multiple Choice item terdiri dari dua bagian, yaitu:
1.      Item atau soal, yang dapat berbentuk pertanyaan dan dapat pula berbentuk pernyataan.
2.      Option atau alternative, yaitu kemungkinan-kemungkinan jawab yang dapat dipilih oleh testee. Dan terdiri dari dua bagian, yaitu :
·      Satu jawaban betul, yang bisa disebut kunci jawaban.
·      Beberapa pengecoh atau distractor, yang jumlahnya berkirsar antara dua sampai lima buah.
Saran Pembuatan Soal Pilihan Ganda
1.    Pernyataan dan pilihan merupakan suatu rangkaian kalimat.
2.    Hindari pilihan yang tidak ada kaitannya satu sama lain.
3.    Buat pilihan yang mirip dengan jawaban kunci.
4.    Letak kunci jawaban sebaiknya tidak selalu berada pada tempat (poin) yang sama .
5.    Hindari kaitan antara satu soal dengan soal lainnya.
Keunggulan tes pilihan ganda
Keunggulan yang dimiliki oleh tes pilihan ganda antara lain:
1.      Dapat digunakan untuk mengukur sekala jenjang tujuan instruksional,mulai dari yang paling sederhana (C1) sampai yang kompleks (C6).
2.      Dapat menggunakan jumlah butir soal yang lebih banyak,karena hanya diperlukan waktu yang relatif singkat untuk menjawab setiap butir soal.Penarikan sampel pokok bahasan yang akan diujikan dapat lebih luas sehingga tes dapat mencakup hampir seluruh pokok bahasan.
3.      Pemeriksaan (penskoran) jawaban peserta tes dapat dikerjakan dalam waktu yang singkat.
4.      Dapat dikonstruksi untuk mengukaur kemampuan peserta tes memberikan berbagai tingkatan kebenaran. Misalnya dapat dibuat butir soal dengan option yang seluruhnya benar tetapi berbeda tingkat kebenarannya. Peserta tes diminta untuk memilih option yang paling benar.
5.      Dapat menggunakan lebih dari dua option sehingga dapat mengurangi kemungkinan siswa menebak. Keinginan menebak menjadi lebih besar bila kemungkinan  (probabilitas) menjawab benar cukup besar.
6.      Memungkinkan dilakukannnya anlisis butir soal secara baik. Tes pilihan ganda dapat disusun setelah butir-butir soalnya diuji cobakan.Bila setelah diuji coba dan dianalisis ternyata ada butir soal yang jelek dan lemah,perbaikan (revisi) terhadap soal dapat dilakukan.
7.      Tingkat kesukaran butir soal dapat dikendalikan atau diatur dengan mengubah tingkat homogenitas alternatif jawaban. Semakin homogen alternatif jawaban semakin tinggi tingkat kesukarannnya.
8.      Dapat memberikan informasi tentang siswa (testee) lebih banyak terutama bila soal itu memiliki homogenitas yang tinggi.Setiap pilihan siswa terhadap alternatif jawaban merupakan informasi tenyang penguasaan kognitif siswa dalam bidang yang dites sehingga dapat digunakan untuk mengukur daya serap siswa, dan mendiagnosis kelemahan siswa.

Kelemahan tes pilihan ganda
Kelemahan yang dimiliki oleh bentuk tes pilihan ganda antara lain :
1.      Sukar dikonstruksi. Kesukaran dalam mengkonstruksi (membuat) soal pilihan ganda terutama untuk menemukan alternatif jawaban saja,yaitu kunci jawaban. Alternatif lainnya dicari dan ditemukan dengan tergesa-gesa sehingga tidak akan homogen.
2.      Kurang mencerminkan kemampuan siswa yang sesungguhnya.
3.      Membatasi siswa untuk menyelesaikan jawaban dan pemecahan sendiri.
4.      Adanya kecenderungan hanya untuk menguji dan mengukur aspek ingatan yang merupakan aspek yang paling rendah dalam ranah kognitif.
5.      Penggunaan tes pilihan ganda secara terus menerus akan menyebabkan siswa mengetahui dan mengerti tentang suatu problem,tetapi tidak tahu bagaimana memecahkan problem tersebut dalam situasi yang nyata.
6.      Makin terbiasa seseorang dengan bentuk tes pilihan ganda, makin besar kemungkinan ia mendapatkan skor lebih baik yang sebenarnya tidak berdampak positif terhadap hasil individu.
7.      Tidak dapat digunakan untuk mengukur keterampilan, keindahan, kemampuan megorgaisir, dan menampilkan ide-ide baru dari siswa yang sangat penting bagi pengembangan ilmu.
8.      Peserta didik tidak mengembangkan sendiri jawabannya tetapi cenderung hanya memilih jawaban yang benar dan jika peserta didik tidak mengetahui jawaban yang benar, maka peserta didik akan menerka. Hal ini menimbulkan kecenderungan peserta didik tidak belajar untuk memahami pelajaran tetapi menghafalkan soal dan jawabannya.
Alat penilaian ini kurang dianjurkan pemakaiannya dalam penilaian kelas karena tidak menggambarkan kemampuan peserta didik yang sesungguhnya. Contoh dari tes pilihan ganda adalah:
Seorang peneliti yang menemukan jenis manusia purba Pithecanthropus Erectus adalah...
a. Von Koeningswald                                          c. Dr. Eugene Dubois
b. Charles Darwin                                                d. Van Rietschoten

b)     Soal dengan Dua Pilihan Jawaban (Benar-Salah, Ya-Tidak)
Tes benar-salah (true-false). Soal-soalnya berupa pernyataan-pernyataan (statement). Butir soal benar salah (true-false item ) adalah soal yang terdiri dari pernyataan penyataan (statemen) yang disertai dengan alternatif jawaban. Pernyataan tersebut adalah benar salah Peserta tes trsebut tinggal menyilang atau melingkari huruf B jika pernyataan menurut pendapat benar dan huruf S jika salah. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam membuat soal benar salah agar mendapatkan butir soal yang baik.
Keunggulan Tes Benar Salah yaitu :
1.      Mudah dikonstruksi   karena hanya membutuhkan satu pertanyaan. Pernyataan itu saja harus berhubungan dengan bidang studi yang harus di uji.
2.      Soal benar salah harus dapat mewakili seluruh  pokok bahasan karena soal ini hanya meminta waktu yang singkat untuk menjawabnya.Dalam waktu singkat siswa harus banyak menjawab soal.
3.      Mudah diskor karena untuk setiap soal hanya ada dua alternatif jawaban.
4.      Merupakan bentuk soal yang baik untuk mengukur fakta dan hasil belajar langsung terutama yang berkenaan dengan ingatan.
5.      Dapat digunakan berulang kali.
6.      Dapat dikoreksi secara cepat dan objektif.
7.      Petunjuk pengerjaannya mudah dimengerti
Kelemahan Tes Benar Salah
1.      Mendorong Siswa untuk menebak jawaban .Kemungkinan jawaban benar sama dengan kemungkinan jawaban salah sehingga kemungkinan diswa untuk menebak lebih besar.
2.      Terlalu menkan pada asoek ingatan .Kurang dapat mengukur aspek pengetahuan yang lebih tinggi . Kekemahan ini lebih buruk kalau penyusun soalmengutip langsung dari pernyataan yang  pada buku ajar yang digunakan.
3.      Banyak masalah yang tidak dapat dinyatakan hanya dengan dua kemungkinan benar atau salah.
4.      Meminta respon dari siswa yang berbentuk penilaian mutlak.
Contoh soal
Dr. Eugene Dubois menemukan fosil manusia purba dengan ciri-ciri tinggi 165-180 cm dan fosilnya ditemukan di daerah Pucangan, Sangiran adalah Homo soloensis (Benar/Salah)
c)      Bentuk Soal Menjodohkan (Matching)
Matching test dapat kita ganti dengan istilah mempertandingkan, mencocokkan, memasangkan, atau menjodohkan. Tugas murid ialah mencari dan menempatkan jawaban-jawaban sehingga sesuai atau cocok dengan pertanyaannya.
Keunggulan Tes Mencocokkan
1.      Membutuhkan waktu singkat untuk membaca soal.
2.      Dapat diperikasa dengan computer.
3.      Relatif mudah menyusun soalnya.
4.      Penskoran dapat dilakukan dengan cepat dan objektif.
5.      Baik untuk mengukur hasil belajar yang berhubungan dengan pengetahuan tentang istilah, definisi, peristiwa atau penanggalan.
6.      Dapat menguji kemampuan menghubungkan dua hal, baik yang berhubungan langsung maupun tidak langsung.
7.      Agak mudah dikonstruksi sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama dapat dikonstruksi soal yang cukup banyak untuk satu mata pelajaran.
8.      Dapat meliputi seluruh bidang studi yang diuji. Dengan menggunakan tes mencocokkan dapat mewakili setiap pokok bahasan dalam suatu bidang studi.
Kelemahan Tes Mencocokkan
1.      Hanya mengukur tingkat berpikir ingatan.
2.      Penulis soal cenderung tidak cermat.
3.      Sulit menemukan pasangan yang homogen.
4.      Tes mencocokkan terlalu menekankan pada aspek ingatan/hafalan. Sukar untuk mengukur aspek pemahaman dan aspek lainnya yang lebih tinggi.
5.      Sukar untuk menentukan materi atau pokok bahasan yang mangukur hal-hal yang berhubungan.
6.      Banyak kesempatan peserta tes untuk menjawab secara untung-untungan. Kerjasama antara siswa pada waktu mengerjakan tes lebih terbuka
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Indra peraba adalah …
a.       Memompa darah
2.
Kornea terletak dalam organ …
b.      Asma
3.
Fungsi jantung adalah
c.       Telinga
4.
Gangguan pada system pernafasan …
d.       Mata
5.
Rumah siput terletak pada organ …
e.       Kulit

d)     Tes Isian/Melengkapi (Completion Test)
Completion Test biasanya disebut dengan istilah tes isian, tes menyempurnakan, atau tes melengkapi. Terdiri atas kalimat yang ada bagian-bagiannya yang dihilangkan dan harus diisi oleh murid. Tes bentuk melengkapi (complete test) dapat berupa isian dan ada pula yang merupakan jawaban singkat. Tes ini merupakan satu-satunya tes objektif yang menuntut agar peserta tes memberikan jawaban, bukan memilih jawaban. Tes melengkapi dikatagorikan ke dalam tes objektif. Pada bentuk tes isian ini peserta tes melengkapi atau mengisi titik-titik atau bagian yang dikosongkan pada pokok uji dengan hanya satu kata, ungkapan, maupun angka. Peserta tes dapat pula diminta untuk memberikan jawaban atas suatu soal yang memerlukan perhitungan. Apabila pada suatu pokok uji tedapat dua atau lebih titik-titik yang harus diisi,maka setiap titik-titik itu hanya dapat diisi dengan benar oleh kata atau angka yang sudah tertentu atau pasti. Tes ini bisa disusun berurutan ke bawah dengan diberi nomor dan dapat pula disusun dalam bentuk kalimat tersambung berbentuk karangan.
Keunggulan tes melengkapi
1.      Mudah dikonstruksi karena soal ini hanya akan mengukur hasil belajar yang sederhana yaitu yang bersifat ingatan.
2.      Dapat digunakan untuk menilai bahan pelajaran yang banyak atau scope yang luas.
3.      Dapat diskor secara cepat dan objektif.
4.      Kecil kemungkinan siswa memberi jawaban dengan singkat dan tepat.
Kelemahan tes melengkapi
1.      Tidak dapat mengukur hasil belajar yang kompleks karena hanya menghasilkan respon yang singkat dan sederhana.
2.      Memerlukan waktu yang agak lama untuk menskornya meskipun tidak selama tes uraian.
3.      Menyulitkan pemeriksa apabila jawaban siswa membingungkan.
4.      Kurang ekonomis karena memerlukan kertas(biaya) yang banyak jika dibandingkan dengan tes uraian.

Prinsip konstruksi tes melengkapi
Beberapa petunjuk dalam penulisan butir soal untuk tes melengkapi (tes melengkapi) agar dicapai kualitas soal yang baik adalah :
a.       Gunakanlah pertanyaan atau pernyataan yang menuntut jawaban singkat dan tertentu. Jawaban itu haruslah satu kata, satu ungkapan, sebuah angka, atau sebuah simbol.
b.      Jangan menggunakan kalimat yang dikutip langsung dari buku atau catatan siswa. Penggunaan kalimat yang diambil langsung dari buku cenderung mendorong peserta tes akan menghafal tanpa berusaha memahami apa yang dibacanya.
c.       Pertanyaan atau pernyataan hendaknya dibuat sesederhana mungkin dan mudah dipahami.
d.      Dalam menanyakan masalah hitungan harus ditentukan tingkat ketepatan, apakah angka bulat, satu desimal, atau dua desimal.
e.       Tempat yang harus diisi (titik-titik) sebaiknya ditempatkan ditengah atau pada akir kalimat agar tidak menimbulkan salah pengertian.
f.       Panjangnya titik supaya dibuat sama untuk semua soal.
Contoh :
Salah satu jenis manusia purba adalah Pithecantropus Erectus. Fosil manusia purba ini ditemukan oleh peneliti yang bernama……dan ditemukan pada tahun….. Fosil Pithecantropue Erectus yang ditemukan mempunyai ciri-ciri. Fosil manusia ini ditemukan di daerah…..

2.    Tes Subyektif
Tes Subjektif merupakan tes yang jawabannya berupa uraian dan penyekorannya dilakukan dengan pertimbangan benar salahnya uraian yang diberikan testi (peserta tes).
Kelebihan Tes Tulis (Tes Subjektif) yaitu :
a.       Penyusunan soalnya mudah disiapkan dan disusun.
b.      Tidak memberi banyak kesempatan untuk berspekulasi atau untung-untungan (menebak jawaban).
c.       Mendorong siswa untuk berani mengemukakan pendapat serta menyusun dalan bentuk kalimat yang bagus.
d.      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengutarakan maksudnya dengan gaya bahasa dan caranya sendiri.
e.       Dapat diketahui sejauh mana siswa mendalami suatu masalah yang diteskan.
f.       Dapat melatih siswa berfikir logis, analistis, dan sistematis.
Kekurangan Tes Tulis (Tes Subjektif) yaitu :
a.       Kadar validitas dan realibilitas rendah karena sukar diketahui segi-segi mana dari pengetahuan siswa yang betul-betul telah dikuasai.
b.      Kurang representatif dalam hal mewakili seluruh scope bahan pelajaran yang akan dites karena soalnya hanya beberapa saja (terbatas).
c.       Cara memeriksanya banyak dipengaruhi oleh unsur-unsur subjektif.
d.      Pemeriksaanya lebih sulit sebab membutuhkan pertimbangan individual lebih banyak dari penilai.
e.       Waktu untuk koreksinya lama dan tidak dapat diwakilkan kepada orang lain.
f.       Cakupan materi terbatas atau sempit.
g.      Yang diukur cenderung tingkat kecerdasan kognitif tinggi
Ket : apa yang menjadi kelebihan dalam tes objektif merupakan kelemahan dalam tes subjektif dan sebaliknya.
3.    Bentuk Soal Uraian
Tes tertulis bentuk uraian adalah alat penilaian yang menuntut peserta didik untuk mengingat, memahami, dan mengorganisasikan gagasannya atau hal-hal yang sudah dipelajari, dengan cara mengemukakan atau mengekspresikan gagasan tersebut dalam bentuk uraian tertulis dengan menggunakan kata-katanya sendiri. Alat ini dapat menilai berbagai jenis kemampuan, misalnya mengemukakan pendapat, berpikir logis, dan menyimpulkan. Kelemahan alat ini antara lain cakupan materi yang ditanyakan terbatas. Soal uraian subyektif dibagi menjadi 3 yaitu :
a)    Uraian bebas (free essay)
Melihat karakteristiknya, pertanyaan bentuk uraian bebas ini tepat digunakan apabila bertujuan untuk :
·         Mengungkapkan pandangan para siswa terhadap suatu masalah sehingga dapat diketahui luas dan intensitasnya.
·         Mengupas  suatu persoalan yang kemungkinan jawabannya beraneka ragam sehingga tidak ada satu pun jawaban yang pasti.Mengembangkan daya analisis siswa dalam melihat suatu persoalan dari berbagai segiatau dimensinya.
Kelemahan tes ini ialah sukar menilainya karena jawaban siswa bervariasi, sulit menentukan kriteria penialaian, sangat subjektif karena bergantung pada guru sebagai penilainya.
Contoh :
Coba saudra jelaskan sebab-sebab terjadinya pertumbuhan penduduk yang cepat, Mengapa pertumbuhan penduduk berpengaruh terhadap kualitas hidup manusia?



b)      Uraian terbatas
Dalam bentuk ini pertanyaan telah di arahkan kepada hal-hal tertentu atau ada pembatasan tertentu. Pembatasan bisa dari segi ruang lingkupnya, sudut pandang menjawabnya, dan indicator-indikator. Dengan adanya pembatasan tersebut jawaban siswa akan lebih terarah sesuai dengan yang di harapkan. Cara memberikan penilaian juga lebih jelas indikatornya. Criteria kebenaran jawaban bisa lebih mudah di tentukan. Oleh sebab itu, bentuk soal uraian terbatas lebih terarah di gunakan dari pada bentuk uraian bebas.
 Pembatasan bisa dari segi:
·         Ruang lingkupnya
·         Sudut panjangmenjawabnya
·         Indikator-indikatornya
c)      Uraian berstruktur
Soal berstruktur  berisi unsur-unsur yaitu sebagai berikut :
·         Pengantar soal
·         Seperangkat data
·         Serangkaian subsoal.
Keuntungan soal bentuk berstruktur antara lain ialah :
1.      Satu soal bisa terdiri atas beberapa subsoal atau pertanyaan.
2.      Setiap pertanyaan yang diajukan mengacu kepada suatu data tertentu sehingga lebih jelas dan terarah.
3.      Soal-soal berkaitan satu sama lain dan bisa diurutkan berdasarkan tingkat kesulitannya.
Data yang diajukan dalam soal berstruktur bisa berupa angka, tabel, grafik, gambar, bagan, kasus, bacaan tertentu, diagram, model, dll. Bentuk soal berstruktur dapat digunakan untuk mengukur semua aspek kognitif. Kelemahan yang mungkin terjadi berkisar pada :
·         Bidang yang diujikan menjadi terbatas.
·         Kurang praktis sebab satu permasalahan harus dirumuskan dalam pemaparan yang lengkap disertai data yang memadai.
Contoh soal :
1.      Mengadakan perbandingan antara 2 hal
Contoh: Bandingkan bentuk tudung akar dari monokotil dan dikotil!
2.      Perumusan dan pertahanan suatu pendapat
Contoh: Mengapa dan apa yang membedakan bentuk tudung akar dikotil dan monokotil
3.      Hubungan sebab-akibat
Contoh: mengapa peristiwa terinfeksinya virus memberikan pengaruh yang sangat tidak baik bagi tubuh ?
4.      Menjelaskan makna suatu ungkapan
Contoh: Apa pengertian dari virus?
Langkah-langkah Membuat Tes Tertulis
·      Materi, misalnya kesesuian soal dengan indikator pada kurikulum.
·      Konstruksi, misalnya rumusan soal atau pertanyaan harus jelas dan tegas.
·      Bahasa, misalnya rumusan soal tidak menggunakan kata/ kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda.

Komponen atau Kelengkapan Sebelum Tes
1.        Buku tes
2.        Lembaran jawaban tes
3.        Kunci jawaban tes. Ide daripada adanya kunci jawaban ini adalah agar :
-   Pemeriksaan tes dapat dilakukan oleh orang lain.
-   Pemeriksaannya benar.
-   Dapat dilakukan dengan mudah.
-   Sedikit mungkin masuknya unsur subjektif
4.        Pedoman penilaian (pedoman skoring), berisi keterangan perincian tentang skor atau angka yang diberikan kepada siswa bagi soal-soal yang telah dikerjakan.
Hal-hal yang harus di lakukan :
§  Menentukan tujuan tes
§  Menyusun kisi-kisi soal
§  Penulisan soal
§   Pemberian skor
§   Pelaporan hasil tes         
Langkah-langkah pembuatan/pengisian kisi-kisi :
1.      Mendaftar  pokok-pokok  materi  yang  akan  diteskan  (berdasarkan silabus)
2.      Memberikan imbangan bobot/presentase untuk masing-masing pokok materi (berdasarkan pada luas dan tingkat kedalaman materi)
3.      Merinci banyaknya butir soal (proporsi jumlah item) untuk tiap-tiap materi.
4.      Menentukan proporsi/prosentase untuk setiap pokok aspek intelektual yang diukur bagi setiap pokok-pokok materi (perhatikan homogenitas dan heterogenitas bahan).
5.      Mengisi sel-sel dalam kisi-kisi
6.      Pemberian nomor item.
Format Penilaian
Mata pelajaran             : Biologi
Kelas/Semester            : X/ Gasal
No.
Nama Siswa
skor perolehan
Jumlah
Nilai
Ketuntasan
1
2
3
4
Jumlah skor perolehan





Jumlah skor seharusnya





Prosentase perolehan





 

Cara Penilaian
Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan secara berkesinambungan, bertujuan untuk memantau proses dan kemajuan belajar peserta didik serta untuk meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran. Penilaian ini dilaksanakan dalam bentuk penugasan, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas.

Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan Tes tertulis
1.      Dapat mengukur kemampuan sejumlah siswa dalam tempat yang terpisah dan dalam waktu yang sama.
2.      Dalam tes tulis, peserta didik relatif memiliki kebebasan untuk menjawab soal, sehingga secara psikologi peserta didik lebih bebas dan tidak terikat.
3.      Pada tes tertulis, karena soalnya sama maka obyektifitas hasil penilaian lebih dapat dipertanggung jawabkan dari pada tes lisan ataupun tes tindakan.
Kekurangan Tes Tulis
1)      Belum tentu cocok mengukur psikomotorik dan mengukur ranah afektif pada tingkat karakteristik.
2)      Hasil dari tes tulis sedikit agak diragukan karena peserta dapat melakukan kucurangan dalam mengerjakan.
3)      Apabila tidak menggunakan bahasa yang tegas dan lugas dapat mengandung pengertian ganda, sehingga berakibat data yang masuk salah.


BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Berdasarkan uraian diatas, dapat ditarik suatu kesimpulan yaitu :
1.        Penilaian tertulis (paper and pencil assessment) merupakan penilaian dimana soal dan jawaban yang diberikan kepada peserta didik dalam bentuk tulisan.
2.        Dasar-dasar penyusunan penilaian tertulis yaitu : dapat mengukur apa yang dipelajari dalam proses belajarmengajar sesuai dengan tujuan, mewakili bahan yang telah dipelajari, disesuaikan dengan aspek-aspek tingkat belajar yang diharapkan, disusun sesuai dengan tujuan penggunaan tes itu sendiri, hendaknya dapat digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar, mempertimbangkan proporsi tingkat kesulitan dan kesesuaiannya dengan taraf kemampuan siswa, soal  harus jelas  dan  sesuai  dengan  persoalan  yang disajikan, disusun  dengan  mempertimbangkan  kaidah-kaidah  penulisan  soal, menggunakan bahasa yang benar dan cara penskoran.
3.        Mengetauhi fungsi penilaian tertulis berdasarkan tes formatif dan tes sumatif
4.        Macam bentuk tes tertulis yaitu berdasarkan tes obyektif dan subyektif

B.      Saran
Setelah membaca dan memahami makalah yang penulis susun ini, penulis mengharapkan agar setiap pembaca dapat memberikan respon yang baik.Dengan berbagai kekurangan yang penulis miliki, penulis juga menghimbau kepada pembaca agar juga tetap berusaha mencari referensi lain baik dari makalah lain, buku, maupun dari internet tentang materi atau hal yang berkaitan dengan model pembelajaran yang baik bagi pembelajaran.


DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara
Nana, S. 1989. Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Sudijono, A. 1995. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Grafindo Persada
Sudiono, A.  1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta ;PT. Raja Grafindo
Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara


Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Prinsip Keprasahajaan Hidup dalam Pramuka

Komponen Kimiawi Sel Retikulum Endoplasma

LAPORAN LENGKAP PRAKTIKUM FISIOLOGI TUMBUHAN PENYERAPAN AIR OLEH BIJI YANG BERKECAMBAH