Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan         : SMAN 1 Pangkalan Bun
Mata Pelajaran               : Biologi
Kelas/Semester                : XI/ Genap
Materi Pokok                  : Sistem Indera Manusia
Alokasi Waktu                : 1X45 menit


A.    Kompetensi Inti (KI)
KI 1
:
1.  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI 3
:
3.  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4
:
4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar
3.10.
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi dan
mengaitkannya dengan proses koordinasi sehingga dapat menjelaskan peran saraf dan hormon dalam mekanisme koordinasi dan regulasi serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem koordinasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.

4.11.
Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi saraf dan hormon pada sistem koordinasi yang disebabkan oleh senyawa psikotropika yang menyebabkan gangguan sistem koordinasi manusia dan melakukan kampanye anti narkoba pada berbagai media.

Indikator:
4.1.1 Menjelaskan struktur dan fungsi dari indera pengecap pada lidah
4.1.2 Menjelaskan struktur dan fungsi dari indera penciuman pada hidung
4.1.3 Menganalisis hubungan antara insera pembau dan indra pengecap 

Tujuan  pembelajaran
1.    Siswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi indera pengecap pada lidah
2.    Siswa mampu menjelaskan struktur  dan fungsi indera pencium pada hidung
3.    Siswa mampu menganalisi hubungan antara indera pembau dan  indera pengecap

C.    Materi Pembelajaran
1.       Sistem Indra pada tubuh manusia
2.       Struktur,fungsi dan mekanisme kerja sistem indra pembau
3.       Kelainan dan penyakit pada indra pembau

D.    Metode Pembelajaran
·         Pendekatan             : Saintifik 
·         Metode       : Praktikum, Diskusi, Tanya jawab, Presentasi.
·         Model         : Inkuiri Terbimbing

E.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
  1. Media : Slide tentang indera pengecap, LKS
  2. Alat : Spidol,White board, penghapus, Laptop, LCD, gelas, sedotan
  3. Bahan: Larutan gula, larutan jeruk, larutan garam, larutan puyer

Sumber belajar :
Kristinnah, I., Sri Lestari, E.S. .2009. Biologi 1 : Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas X . Jakarta : Depdiknas
Anshori, M., Martono, D. 2009. Biologi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)-Madrasah Aliyah (MA) Kelas X. Jakarta : Depdiknas
Campbell, Neil A dan Jane B. Reece. 2010. Biologi Edisi 8, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Evelyn C, Pearce. 2009. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Istamar, syamsuri..2003. Biologi untuk SMA kelas XI. Jakarta: Penerbit Erlangga

F.     Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan awal (5 menit)
Kegiatan
Aktivitas Pembelajaran
Alokasi waktu
Guru
Siswa
Pembukaan
·   Memberi salam, mengecek absensi, mengecek kesiapan siswa dan menyiapkan media pembelajaran.
·   Menjawab salam dan  mempersiapkan buku  pelajaran
2 menit
Apersepsi
·   Menanyakan hal yang berhubungan dengan praktikum yang akan di lakukan seperti 
·   Menanyakanan kesiswa tentang mana saja bagian-bagian lidah yang dapat merasakan asam, manis, asin, pahit?
·   Jika sedang flu bisa kah kalian mencium aroma dengan baik?
·   Menyuruh siswa membuat hipotesis. Apakah terdapat hubungan antara indera pembau dan pengecap?
·   Berpikir dan menjawab pertanyaan dari guru.
·   Siswa membuat hipotesis, perwakilan kelompok menuliskan hipotesisnya di papan tulis.
2 menit
Motivasi
·   Memberikan gambaran manfaat mempelajari materi ini
·   Siswa memperhatikan penjelasan guru.
1 menit

Kegiatan inti (30 menit)
Kegiatan
Aktivitas pembelajaran
Alokasi waktu
Guru
Siswa
Observasi





·   Menunjukkan ke siswa alat dan bahan yang akan di gunakan
·   Guru meminta siswa membacakan langkah kerja praktikum
·      Siswa berkumpul sesuai dengan kelompoknya
·      Siswa menyebutkan alat dan bahan yang tersedia
·      Siswa membacakan langah kerja praktikum
8 menit
Questioning
·   Guru menanyakan ke siswa apa yang belum di mengerti

·  Siswa menanyakan kepada guru mengenai yang belum dimengerti.
2 menit
Eksplorasi
·    Menginstruksikan siswa untuk melakukan praktikum berdasarkan langkah kerja yang tertera pada LKS
·    Guru mengamati praktikum yang di lakukan siswa
·    Siswa melakukan praktikum berdasarkan langkah kerja yang tertera dalam LKS
15 menit
Asosiasi
·    Menginstruksikan siswa untuk menuliskan hasil pengamtan yang telah di lakukan di LKS masing-masing
·    Mencatat hasil pengamatan yang telah di lakukan  di LKS masing-masing
2 menit
Komunikasi
·         Guru menyuruh siswa perwakilan maisng-masing kelompok  untuk menuliskan hasil pengamatannya di papan tulis

·  Siswa dari perwakilan masing-masing kelompok menuliskan hasil pengamtannya di papan tulis
3 menit

Kegiatan akhir (10 menit)
Kegiatan
Aktivitas pembelajaran
Alokasi waktu
Guru
Siswa
Penutup
·   Memfasilitasi siswa dalam menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di lakukan dalam  praktikum. Jika hasil diskusi terdapat sedikit kesalahan konsep, guru meluruskan dan jika konsep sudah benar, guru memperkuat konsep tersebut.
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           
·   Menutup pembelajaran dan berpesan kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.

·   Memberikan reward kepada kelompok yang aktif
·   Menutup pelajaran dengan salam.
·   Dengan bantuan guru siswa menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan dalam praktikum
·   Menjawab salam

10 menit
G.    Penilaian hasil pembelajaran
  1. Jenis / Teknik penilaian
1.      Jenis : Tes dan non tes
2.      Teknik Penilaian : Tertulis, Lembar Observasi
  1. Bentuk instrumen
Ranah
Teknik
Instrumen
Sikap
Observasi
Lembar Observasi
Keterampilan
Observasi
Lembar Observasi
Pengetahuan
Tes
Soal Tes





Palangka Raya,    Oktober 2018

Mengetahui,
Dosen Pengampu,

Drs. Nuriman Wijaya, M. Pd.
NIP: 19631213 199103 1 002


Praktikan ,

Muhammad Faisal
 NIM ACD 115 072






INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF

Materi                          :  Sistem Indera Manusia
Kelas/Semester            :  XII/Ganjil
Hari/Tanggal               : 
Berilah kriteria A, B, C atau D pada setiap aspek yang dinilai berdasarkan sikap keseharian siswa saat menerima pelajaran!
Lembar Penilaian Sikap
Nama Siswa
Disiplin dalam mengerjakan LKS



Bekerjasama dalam kelompok



Jumlah Skor

1
2
3
4
1
2
3
4































Dst









Nilai Sikap = jumlah skor yang didapat siswa x 100  = 100
                                Skor maksimal

No
Indikator Afektif
Deskriptor
Skor
1
Disiplin dalam pembelajaran
  1. Memenuhi kriteria berikut:
  1. Tepat waktu dalam melakukan praktikum.
  2. Taat mengikuti prosedur praktikum yang sudah disusun.
  3. Tepat waktu dalam mengumpulkan LKS.
  4. Berkumpul dengan teman sekelompok saat diskusi berlangsung.
  1. Memenuhi 3 kriteria di atas
  2. Memenuhi 2 kriteria di atas
  3. Memenuhi 1 kriteria di atas
4
3
2
1
2
Bekerja sama dalam kegiatan praktikum dan  diskusi kelompok
  1. Memenuhi kriteria berikut:
  1. Melakukan pembagian tugas dalam kegiatan praktikum.
  2. Melakukan pembagian tugas dalam kegiatan diskusi hasil praktikum.
  3. Melakukan pembagian tugas saat presentasi hasil diskusi praktikum.
  4. Saling membantu teman dalam kelompok.
  1. Memenuhi 3 kriteria di atas
  2. Memenuhi 2 kriteria di atas
  3. Memenuhi 1 kriteria di atas
4
3
2
1


Instrumen Keterampilan/Psikomotor
Lembar Observasi Ranah Psikomotorik
Berilah tanda check list (V) pada pilihan 1, 2, 3 atau 4 pada setiap aspek yang dinilai berdasarkan keaktifan siswa saat menerima pelajaran!
Nama Siswa
Mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas melalui presentasi.



Mensketsakan pembagian daerah pengecap pada lidah



Jumlah skor

1
2
3
4
1
2
3
4































Dst









RUBRIK PENILAIAN RANAH PSIKOMOTOR
Aspek Yang Dinilai
Rubrik Penilaian
Mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas melalui presentasi.
Menjelasakan hasil pengamatan dengan :
1. Suara yang jelas
2. Suara jelas dan intonasi yang tepat
3.Suara jelas, intonasi tepat dan lancar
4. Suara jelas, intonasi tepat, lancar dan runtut
Mensketsakan pembagian daerah pengecap pada lidah
  1. Menggambar lidah dan memberikan keterangan di dalam gambar lidah
  2. Menggambar lidah, memberikan keterangan di dalam gambar lidah, memberikan batas daerah pengecap
  3. Menggambar lidah, memberikan keterangan di dalam gambar lidah, memberikan batas daerah pengecap
  4. Menggambar lidah, memberikan keterangan di dalam gambar lidah, memberikan batas daerah pengecap, memberikan warna yang berbeda pada masing- masing rasa

Instrumen Penilaian Kognitif
KISI-KISI SOAL EVALUASI
No
Indikator
C1
C2
C3
C4
C5
C6
1
2
Menyebutkan rasa yang mampu dikecap lidah
Menjelaskan pembagian daerah pengecap pada lidah
V
V




Jumlah

1
1






Soal Evaluasi
PERTANYAAN :
  1. Sebutkan 4 rasa yang mampu dikecap lidah !
  2. Gambar dan jelaskan pembagian daerah pengecap pada lidah !
KRITERIA PENILAIAN KOGNITIF SOAL EVALUASI
No.
Soal
Kriteria Penilaian
Skor

  • Menyebutkan satu rasa yang mampu dikecap lidah
  • Menyebutkan dua rasa yang mampu dikecap lidah
  • Menyebutkan tiga  rasa yang mampu dikecap lidah
  • Menyebutkan empat rasa yang mampu dikecap lidah
5
10
15
20
Skor maksimal

20

  • Menjelaskan satu daerah pengecap pada lidah
  • Menjelaskan dua daerah pengecap pada lidah
  • Menjelaskan tiga daerah pengecap pada lidah
  • Menjelaskan empat daerah pengecap pada lidah
5
10
15
20
/Skor maksimal

20

NILAI KOGNITIF =  Total skor/4 = (20+20)/4 = 10

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
INDERA PENGECAP
1.      Tujuan
  1. Menyebutkan rasa yang mampu dikecap lidah
  1. Menjelaskan pembagian daerah pengecap pada lidah
2.      Rumusan masalah :
3.      Hipotesis                :
2.      Alat dan Bahan
  1. Larutan gula
  2. larutan jeruk
  3. larutan garam
  4. larutan puyer
3.      Langkah kerja
1.
2.
3.
4.
5.
6.
  1. Hasil Pengamatan
  1. Kesimpulan

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Prinsip Keprasahajaan Hidup dalam Pramuka

Komponen Kimiawi Sel Retikulum Endoplasma

LAPORAN LENGKAP PRAKTIKUM FISIOLOGI TUMBUHAN PENYERAPAN AIR OLEH BIJI YANG BERKECAMBAH